Cara Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer/Laptop




Cara Menjaga Kesehatan Mata Untuk Pengguna Komputer/Laptop

Biasanya ini terjadi pada internet marketer dan blogger yang dimana mereka lebih aktif dimalam hari seperti kalong haha. Tetapi pada jaman yang semakin modern ini bukan hanya internet marketer dan blogger yang sangat aktif berada di depan komputer/laptop tetapi seorang pelajar, ibu rumah tangga, pegawai, anak - anak, Gamer dan pengguna social media pun sangat aktif berada di depan komputer/laptop.

Tentunya kegiatan diatas tidak bagus untuk kesehatan, apalagi untuk kesehatan mata. Ketika kita menggunakan komputer yang memakai layar LED, layar tersebut akan memancarkan cahaya putih dan biru yang dimana cahaya biru tidak  terlalu bagus untuk mata terutama pada malam hari,

Dampak buruk cahaya biru LED 


  1. Insomia.
  2. Kekurangan hormon melatonin jadi bisa lupa tidur ketika malam.
  3. Stres pada retina mata.
Banyak riset mengatakan bahwa cahaya biru  dari LED dapat merusak mata, apalagi pada penggunaan malam hari yang dimana pastinya kebutuhan cahaya dan perbedaan cahaya dengan di layar komputer dengan cahaya di sekitar berbeda.

Langkah meminimalisir kerusakan kesehatan mata pada penggunaan komputer/Laptop 

 

1. Menggunakan software f.lux

Kabar baik bagi para internet marketer dan blogger bahwa ada software yang bisa mengatur cahaya biru LED pada layar komputer, softwarenya bernama f.lux. Jadi cara kerja dari software ini akan menyesuaikan cahaya pada layar dengan patokan waktu pada komputer kita. 

Apabila telah malam software ini akan mengurangi cahaya biru dari layar yang mengakibatkan layar agak sedikit kemerahan dan kekuningan .

Untuk menggunakan software ini kamu bisa download langsung pada website official mereka secara gratis di justgetflux.com. Setelah didownload langsung saja install di komputer kamu. 

Tindakan pertama setelah diinstal kamu harus mengatur dahulu lokasi dimana kamu berada karena pada aplikasi lokasi default yaitu new york di Amerika. Langkah untuk mengatur jadwalnya yaitu :

1. Buka aplikasinya dann klik setting.



2. Lalu klik tombol change seperti gambar dibawah ini.

3. Lalu masukan nama kota di kolom yang disediakan seperti "Batam".


4. Selesai.

2. Selang seling penglihatan mata.

Ini sangat wajib dilakukan kalau tidak ingin memakai kacamata. Selang seling ini maksudnya yaitu melihat layar yang dekat dan sekali-kali melihat benda jauh dengan rentang 20 menit melihat layar.

Penyebab kita rabun dekat adalah terlalu lama melihat benda yang dekat, lalu otot mata menjadi kaku karena tidak ada pergerakan. Maka dari itu setelah melihat layar pada 20 menit bisakan melihat benda yang jauh selama 1 menit biar otot mata bekerja dan elastis.

3. Minum banyak air putih.

Jangan biasakan minum kopi saat begadang di depan komputer, tapi gantilah menjadi air putih. Air putih tidak hanya menjaga kesehatan mata, tetapi juga kesehatan tubuh. 

Saya sendiri pada saat begadang menghabiskan 3 botol air putih atau 3 liter, biar tubuh terus bugar dan tidak gampsang sakit. 

4. Perhatikan jarak antar mata dengan monitor. Diusahakan jangan terlalu dekat melebihi jarak 30 cm. Dan jangan pula terlalu jauh, sebab bisa membuat mata dipaksakan fokus pada grafik komputer.
 

5. Atur warna dan cahaya komputer sesuai dengan kenyamanan mata

6. Jangan memaksakan mata berhadapan dengan komputer dalam keadaan gelap. Lebih baik nyalakan saja lampu.

7. Jika membaca tulisan di tampilan monitor terlalu kecil, dan tulisannya banyak juga panjang. Lebih baik copy saja pada microsof word, dan sesuikan besar huruf agar enak dibaca. Atau, jika malas mengcopy, gunakan CTRL + putar scrol mouse ke atas biar tampilan website nya membesar. Otomatis huruf-hurufnya pun akan ikut membesar.

8. Jika anda masih menggunakan monitor yang berbentuk balok, yang kacanya cembung. Diusahakan menggantinya dengan layar LCD atau LED. Sebab kedua monitor jenis itu radiasinya lebih kecil.

9. Makanan pun sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Memperbanyak makanan bervitamin A, sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

10. Selalu posisikan duduk berhadapan dengan monitor pun harus dibuat senyaman mungkin.

11. Jika kelelahan mata berdampak pada mudah merasa pusing, sebaiknya bertanya pada dokter.


Kesimpulan 

Menjaga kesehatan mata adalah hal yang wajib, apalagi untuk pengguna komputer yang berlebihan seperti programmer dan lainnya. Semoga dengan cara diatas bisa mengurangi kerusakan mata pada mata kita semua. Selalu kondisikan agar mata merasa nyaman dan tidak cepat lelah. Penglihatan sangat mahal dan diberikan oleh Tuhan secara gratis, tidak bisa dibeli oleh manusia. bahkan mengobatinya pun sangat mahal jika mata terganggu penglihatannya. Maka, mari menjaga kesehatan mata bareng-bareng.

Comments

29 komentar:

  1. Nice postgan,Nice blog juga ga tampilanya bagus

    BalasHapus
  2. belakangan ini mata saya suka sakit.dan kemerah2an mungkin gr2 sering natap monitor laptop terlalu lama.....artikel nya bagus gan :)

    BalasHapus
  3. ane juga merasakan perih klo ada di layar pc

    BalasHapus
  4. Thanks atas infonya mas.. bermanfaat bagi saya :)

    BalasHapus
  5. sangat bermanfaat gan, btw saya main gapernah malam kayak kalong hehehe. Saya juga suka lupa minum air putih kalau main komputer.

    BalasHapus
  6. Keren gan Templatenya, postingannya juga oke2

    BalasHapus
  7. Thanks atas infonya mas.. bermanfaat bagi saya :)

    BalasHapus
  8. yang pakai software f.lux itu beneran apa mas , baru denger soalnya ada software begituan

    BalasHapus
  9. ane sehari bisa stay depan komputer itu minimalnya 6 jam dan maximalnya 18 jam :D . Kayaknya tipsnya cocok banget buat ane gan :D

    BalasHapus
  10. owh seperti itu cara menjaga nya ya gan, terima kasih gan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  11. thank you infonya, bener juga sih suka pusing kalau lama lama dpan laptop

    BalasHapus
  12. widih baru nihh,mantap dhh info nya jadi bisa menjaga kesehatan mata nihh,kebetulan saya sering on face :D

    BalasHapus
  13. Tambah aman aja nih mata ane kalo mau maen laptop,
    Tapi tetap tidak boleh berlebihan maennya, hehe

    BalasHapus
  14. Wah mantap gan, ane juga sering di depan PC/Laptop

    BalasHapus
  15. Cara pertama baru tahu nih,akan saya coba deh.kebetulan setiap hari saya harus didepan komputer.

    BalasHapus
  16. sebagai seorang blogger, aplikasi yang harus di gunakan nih :D mantap ndan.

    BalasHapus
  17. Btw untuk software flux itu kenapa harus di setting lokasinya ya? Apa untuk menyetting waktu gitu ya? Kalau waktu kan dia bisa mengambil dari waktu komputernya sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener untuk menyeting waktu, untuk mendapatkan waktu yang akurat bro, kan bisa aja waktu di pc itu salah, saya sering lihat juga di pc org waktunya salah jadi untuk mendapatkan waktu yg akurat perlu setting lokasi.

      Hapus
  18. thanks gan info'nya, lumayan lahh nambah pengetahuan....

    BalasHapus
  19. Waaah info yang sangat bermanfaat Gan...ane sering banget di depan laptom,,mungkin sehari itu bisa sampai 10 jam... Thanks infonya :)

    BalasHapus
  20. bermanfaat banget buat saya, terutama saya memang kerjaannya lebih sering di depan laptop

    BalasHapus
  21. yang penting jangan keseringan magang di depan laptop :)

    BalasHapus
  22. Baru tau klau ada sofwer buat mata.. :v .. thx infonya gan mantapp,,

    BalasHapus
Related posts

Judul Widget 19

Judul Widget 27

Sedikit Motivasi

Tak selalu orang terpintar yang mendapatkan yang terbaik; orang yang mempunyai kegigihan membaca, orang yang terus bertahan dan tak pernah menyerahlah yang mencapai sukses.

Jika anda gagal dalam melakukan sesuatu, hanya satu yang harus anda lakukan, "TRY AGAIN" - See more at: http://blogjomblongenes.blogspot.com/#sthash.UYtxUzZP.dpuf
Jika anda gagal dalam melakukan sesuatu, hanya satu yang harus anda lakukan, "TRY AGAIN"
Guestbook
Other

Formulir Kontak

  • Post
  • Comments
  • Related
  • Guestbook
  • Author
  • Other